Mei 3, 2024

SATPOL PP KAB. CILACAP

Tegas, Humanis, Adaptif dan Responsif

Apel Gelar Pasukan Linmas Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2024

2 min read

Penjabat (Pj) Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri menyampaikan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) harus menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang ada khususnya dalam perhelatan Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikan Pj Bupati saat acara apel gelar pasukan Satlinmas dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024, Kamis (30/11/2023) di Halaman Pendopo Kabupaten Cilacap.

Pj Bupati mengatakan, para anggota Linmas jangan sampai bertindak di luar kewenangannya pada saat gelaran Pemilu 2024. Menurutnya, tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) anggota Satlinmas saat pemilu harus dipahami betul jelang maupun pasca pemungutan suara.

Pj Bupati juga berpesan agar Pemilu 2024 berjalan Luber Jurdil (Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil). Oleh karena itu, anggota Linmas juga harus menjaga netralitas agar Pemilu berlangsung aman, tertib. Anggota Linmas dilarang untuk mempengaruhi pilihan masyarakat termasuk saat hari-H pencoblosan di TPS.

“Amankan saja. Jangan sampai mempengaruhi pilihan masyarakat karena itu akan membuat gaduh di tengah masyarakat,” ujar Pj Bupati.

Pemilu Legislatif (DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD) dan Pilpres pada 14 Februari 2024 serta Pilkada (Pemilihan Bupati/ Wakil Bupati dan Gubernur/ Wakil Gubernur) kemungkinan September 2024, harus berlangsung kondusif. Tidak menutup kemungkinan juga Pilpres akan berlangsung dua putaran sehingga sumbangsih anggota Linmas sangat dibutuhkan.

“Mungkin juga dua putaran. Sehingga tenaga dan pikiran Linmas sangat dibutuhkan untuk membantu TNI, Polri dan Satpol PP mengamankan Pemilu. Linmas ini menjadi yang pertama untuk ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat,” tutur Pj Bupati.

Dia menambahkan, anggota Linmas harus mengikuti perkembangan zaman karena sekarang keanggotaan Linmas terintegrasi SIM Linmas Kementerian Dalam Negeri. Satuan tertua di Indonesia itu dituntut untuk tidak gagap teknologi sehingga semua dampak yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi bisa diamati dan diikuti oleh anggota Linmas. “Pendaftaran menjadi anggota Linmas sekarang online. Jadi anggota Linmas jangan sampai gagap teknologi,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN CILACAP | Newsphere by AF themes.